Jumat, 13 September 2013

memanfaatkan sisa umur yang semakin dekat dengan ajal



Banyak orang yang tidak menghargai waktu sama sekali.  Dimata mereka, waktu sama sekali tidak memiliki nilai. Mereka menghabis kan waktu hanya untuk berjalan-jalan di pasar dan tempat-tempat belanja tanpa ada tujuan tertentu,hanya menonton sinetron dan aktifitas-aktifitas tidak penting lainnya. Mereka menghabiskan malam mereka hanya untuk bergadang dan bermain,seolah-olah tidak tahu untuk apa sebenarnya mereka di ciptakan dan akan kemana sebenarnya meraka nanti akan pergi.
Banyak orang-orang besar yang berkata, sahabat duduk yang paling baik adalah bacaan (membaca buku) ,tidak ada salahnya kita membenarkan ungkapan demikian ,toh semua kita juga mengetahui  bahwa ayat alqur’an yang  pertama kali  di turunkan kepada nabi muhammmad yang berbunyi iqro’, maka jelas perintah pertama adalah untuk ‘’membaca’’.  Banyak hal yang dapat kita baca dalam hidup ini ,baik dari cara pandang , pemahaman dan lain-lain.
Mengenai hal ini, saya juga pernah mencoba akan hal yang demikian. Memegang buku yang judulnya sejarah dan riwayat hidup .......  yang tebal, lalu saya melihatnya  sambil membaca dari  satu lembar ke lembar  brikutnya. Yang sangat luar biasa bagi saya, di saat  saya membaca sejarah dan riwayat hidup para khalifah,saya merasa menemukan sebuah keajaiban tersendiri dalam hidup ini ,yaitu bahwa mereka rata-rata berumur pendek ,namun mereka teperdaya dengan dunia dan tertipu oleh kekuasaan.
Melihat kenyataan ini ,saya sungguh heran,ya allah ,hanya dengan usia yang sependek ini seorang hamba bisa terperdaya dan tertipu oleh kehidupan dunia . yang suka menipu,memperdaya,suka lalai dan bersikap lalim,besikap semena-mena ,suka menumpahkan darah, rakus terhadap harta, gemar membangun rumah, dan istana-istana mewah.
Dari kenyataan ini kita mesti sadar ,bahwa kehidupan dunia memang membuat banyak orang mabuk dan terlena seperti halnya hawa nafsu. Seseorang tidak akan sadar kecuali tatkala ia sudah mati ,jika seandainya dia bisa hidup kembali, maka pasti ia akan menyesal atas semua kecerobohan dan kesalahan yang peranah di perbuat, dia akan berteriak dan menangis histeris.akan tetapi apa mau dikata, semua sudah terlambat , kekuasaan tak lagi di tangan nya.
Saya berpesan kepada setiap orang yang membaca tulisan ini,terutama pribadi saya  sendiri,mari kita sama-sama sadar dan bersegera untuk bertaubat ,menyirami pakaian dosa dengan setimba air mata dan di sertai dengan rasa penyesalan ,bersiap-siap menanti kematian ,menanti datang nya waktu bertemu dengan allah SWT.dengan di barengi menyiapkan segala bekal yang di butuhkan.
Dengan membaca kembali sejarah para khalifah dan penguasa ,maka seseorang banyak mendapatkan nasehat yang agung,mereka membangun ,kekuasaan ,berangan-angan tinggi,namun ternyata mereka hanya hidup sebentar.
Di samping itu, saya juga melihat beberapa keajaiban  lain, yaitu mereka rata-rata mati dengan secara tidak wajar. Diantara mereka ada yang mati dengan cara terbunuh,ada yang mati dengan cara di racuni ,ada yang di copot dari jabatannya, ada yang di congkel matanya,ada yang di pukul sampai mati,dan ada yang di penjara sampai mati. Semua ini benar-benar membuatku tercengang dan takjub ,dan seandainya hati ini memiliki mata,maka pasti tidak akan pernah bisa tidur,.akan tetapi kelalaian telah menguasai dan angan-angan panjang telah membuat lupa.
Wahai orang-orang yang tertipu dengan usia muda dan keperkasaannya ,sesungguhnya mereka jauh lebih perkasa dari pada kamu.wahai orang yang sombong oleh kekayaan,sesungguh nya mereka jauh lebih kaya dari mu,walai orang-orang yang terpedaya oleh kedudukan ,sesungguhnya mereka memiliki kedudukan yang jauh lebih tinggi dari pada kamu.
’sesungguhnya pada  kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal.....’’  (Yusuf:111)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar