Kamis, 18 September 2014

Goa Sekambing, Di Desa Air Berau

           Goa sekambing adalah sebuag goa yang terdapat di salah satu dinding sungai yang berada disepanjang hulu sungai Desa air berau ,Kecamatan Pondok suguh, Kabupaten Mukomuko, provinsi Bengkulu, Indonesia..

          Berdasar kan cerita dari masyarakat setempat, warga juga sering mendengarkan suara ngauman dari mulut goa ini, apakah ini suara ular atau binatang lainnya. Tambahan dari Pak Maridun' yang juga tetua desa air berau, sekaligus juga dianggap sebagai pawang sungai desa air berau yang masih penuh dengan sejuta misteri itu, dia menambahkan "dua tahun yang lalu masih sering kami warga setempat melihat jejak, seperti jejak kambing yang mengarah masuh ke mulut goa ini,maka dari itu warga setempat memberi nama goa ini goa sekambing. " , saat kami temui ditempat.


cerita warga juga dari mulut kemulut, juga pernah warga melihat kambing yang berukuran besar masuk menuju mulut goa ini,makhluk itu pun antara nyata dan kasat mata.. karna logika nya mustahil jika ada kambing yang bisa lincah memanjat tebing dinding sungai yang curam itu.

cerita ini masih menyimpan sejuta misteri di desa air berau,yang desa Air berau ini sendiri adalah Peninggalan Kerajaan Upik Berau (seorang Pendekar wanita Dari Kerajaan Pagaruyung) mendirikan kerajaan di desa ini sebagai penyebaran kekuasaan pada masa itu.. dan seluruh peninggalan nya masih bisa ditemukan di desa ini. dengan sejuta mesteri dari seluruh peninggalannya,mulai dari bukit barisan menyusuri sungai air berau sampai ke muara sungai air berau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar