Kamis, 20 Juni 2013

sungai merupakan sumber kehidupan

Dari sisi hidrologis, Kabupaten Mukomuko memiliki beberapa Sungai besar yang berhulu disisi timur bukit barisan dan mengalir ke Samudra Indonesia. Sebagian sungai-sungai tersebut merupakan sumber air kebutihan masyarakat setempat dan sunga irigasi sawah. Sumber irigasi yang terbesar berasal dari bendungan uang cukup terkenal di daerah ini yaitu Bendungan Air Manjunto yang pengoprasiannya dahulu diresmikan oleh Presiden Suharto.

Kabupaten Mukomuko merupakan salah satu daerah diwilayah Kabupaten Bengkulu. Daerah ini beribu kota di Pasar mukomuko. Luas Kabupaten Mukomuko adalah 4.036,7 Km2, yang terdiri dari 5 kecamatan definitif, 84 desa 1 kelurahan.Seluruh wilayah kecamatan di Kabupaten Mukomuko berbatasan langsung dengan Samudra Indonesia. Kondisi geografisnya sebagian besar merupakan daratan yang terdapat dibagian berat membujur searah pantai dari selatan ke utara, sedangkan di bagian timur topografinya berbukit-bukit terutama wilayah kecamatan Teras Terunkam. 
Kabupaten Mukomuko memiliki 151 Desa / Kelurahan, dan 15 Kecamatan diantaranya : Kecamatan Mukomuko selatan, Kecamatan Air Rami, Kecamatan Malin deman, Kecamatan Pondok Suguh, Kecamatan Sungai Rambai, Kecamatan Teramang jaya, Kecamatan Teras Terujam, Kecamatan Penarik, Kecamatan Selagan Jaya, Kecamatan Kota Mukomuko, Kecamatan Air Dikit, Kecamatan XIV Koto, Kecamatan Lubuk Pinang, Kecamatan Air Manjunto dan Kecamatan V Koto.

Komoditi unggulan Kabupaten Mukomuko yaitu sektor pertanian dan jasa. Sektor pertanian komoditi unggulannya adalah sub sektor tanaman perkebunan dengan komoditi Kelapa sawit, kakao, Kopi, kelapa, Lada dan Karet. Sub sektor pertanian komoditi yang diunggulkan berupa komoditi jagung dan Ubi kayu. Sub sektor Jasa Pariwisata yaitu Wisata Alam dan Wisata Budaya

Sebagai penunjang kegiatan perekonomian, di Provinsi ini tersedia 1 Bandar Udara, yaitu Bandara Mukomuko. Untuk transportasi laut tersedia 1 Pelabuhan yaitu Pelabuhan Linai Bintuhan
Sumber Data: 
Provinsi Bengkulu Dalam Angka 2010
(01-10-2007)
Badan Pusat Statistik Provinsi Bengkulu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar